BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Umum
Memasuki era perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dan persaingan bisnis yang makin ketat, mengakibatkan untuk setiap bidang usaha memerlukan sistem informasi yang sesuai dengan kemajuan teknologi. Keterlambatan dalam penyerapan informasi bisnis bukan tidak mungkin perusahaan akan kalah saing dengan perusahaan lainnya.
Salah satu produk hasil dari kemajuan teknologi adalah komputer. Komputer merupakan alat canggih, tepat waktu dan tepat guna dalam membantu proses pelayanan transaksi, membuat laporan serta untuk mempermudah dan mempercepat proses kerja. Kemampuan komputer dalam pengelolaan data yang canggih dan pemecahan masalah dapat diterapkan dalam berbagai macam kegiatan, mulai dari kegiatan penjualan, administrasi keuangan, sampai kegiatan teknik pengelolaan data yang efektif dan efisien. Hal tersebut mutlak dibutuhkan untuk menunjang pengambilan keputusan dan kegiatan manajerial lainnya yang akurat.
Banyak orang yang menggunakan komputer untuk membantu dalam hal menghitung dan mengolah data secara cepat dan tepat, termasuk dalam bidang akuntansi yang bermanfaat dalam ketelitian dan keamanan memproses data serta menjaga kekayaan perusahaan. Pada saat ini cukup disadari bahwa akuntansi merupakan alat yang efektif untuk membantu pimpinan perusahaan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
Salah satu sistem akuntansi yang terdapat di dalam suatu perusahaan adalah sistem akuntansi penjualan yang bertujuan untuk melakukan segala bentuk kegiatan dengan cara dan prosedur yang benar guna menghasilkan laporan yang akurat dan tepat waktu sehingga pihak manajemen dapat memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhan.
Dalam riset yang dilakukan pada PT. Aska Global Trading, penulis mencoba menganalisa proses penjualan barang secara kredit yang terjadi pada perusahaan tersebut. Setelah mengamati kegiatan usaha pada perusahaan ini maka penulis sangat tertarik dan berkeinginan mengulasnya dalam bentuk Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dengan judul :
“SISTEM PENJUALAN BARANG SECARA KREDIT
PADA PT. ASKA GLOBAL TRADING
1.2.Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini adalah sebagai berikut:
a. Mendidik mahasiswa agar dapat bertanggung jawab terhadap tulisan dan hasil penelitiannya secara objektif.
b. Menerapkan ilmu yang sudah didapat selama mengikuti perkuliahan di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI).
c. Untuk menganalisa suatu sistem penjualan yang dapat memberikan informasi dan data yang diperlukan, serta laporan yang mendukung efisiensi dan efektifitas kerja.
Tujuan penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini adalah sebagai berikut:
a. Untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti UAS (Ujian Akhir Semester) mata kuliah Analisa Perancangan Sistem Informasi semester 4 pada jurusan Komputerisasi Akuntansi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Saran Informatika (AMIK BSI).
b. Mendapatkan informasi yang valid sehingga dapat mendorong mahasiswa untuk berwirausaha.
c. Mengasah kemampuan mahasiswa dalam peran serta untuk memberikan masukan kepada perusahaan tempat dilakukannya riset.
1.3. Metode Penelitian
Untuk membuat penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, penulis memerlukan sejumlah data yang dapat mendukung Laporan Kuliah Kerja Praktek. Data-data tersebut diperoleh melalui:
a. Observasi (observation)
Penulis mengamati secara langsung untuk memperoleh sejumlah data mengenai kegiatan penjualan barang secara kredit yang selama ini di lakukan oleh PT. Aska Global Trading.
b. Wawancara (interview)
Penulis melakukan wawancara secara langsung pada narasumber untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas pada bagian yang berhubungan dengan sistem penjualan barang secara kredit di PT. Aska Global Trading.
c. Studi Pustaka (library research)
Dalam metode ini penulis mendapatkan bahan penelitian dari membaca buku-buku, catatan kuliah dan literatur-literatur lainnya yang ada di perpustakaan kampus sebagai referensi.
1.4. Ruang Lingkup
Dalam membuat Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, penulis membatasi ruang lingkup objek yang akan diambil mengenai penjualan barang secara kredit yang dilakukan oleh PT. Aska Global Trading sesuai dengan judul Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini. Dimulai dari proses penerimaan PO , pengiriman barang, penagihan, sampai dengan pembuatan laporan penjualan kepada manajer.
1.5. Sistematika Penulisan
Dalam Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini penulis membagi menjadi 4 (empat) bab yang nantinya akan menjelaskan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini secara menyeluruh. Adapun uraian singkat dari setiap bab ini adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan latar belakang pemikiran-pemikiran mengenai maksud dan tujuan penulisan laporan ini, metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data dan sistematika penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP).
BAB II LANDASAN TEORI
Memberikan penjelasan secara teoritis tentang peralatan pendukung (tools system). Meliputi Diagram Arus Data (DAD) dan Kamus Data (data dictionary).
BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN
Menjelaskan mengenai sejarah PT. Aska Global Trading secara umum, struktur organisasi dan fungsi, Diagram Arus Data (DAD) sistem berjalan, dokumen masukan dan dukumen keluaran sistem akuntansi berjalan serta permasalahan dan pemecahan permasalahannya.
Menguraikan kesimpulan serta memberikan saran-saran untuk perkembangan sistem tersebut di masa yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar